Fungsi ECU pada mobil

Sejak saya membeli mobil Merk Mitsubishi Eterna’91, ada beberapa hal yang saya keluhkan. Yaitu salah satunya adalah asap hitam yang keluar dari knalpot mobil saat mobil digeber. Saya sudah bertanya pada beberapa bengkel, akan tetapi jawaban mereka masih kurang memuaskan bagi saya. Akhirnya saya bawa mobil saya ke sebuah bengkel yang kata orang bengkel tersebut milik seseorang mantan pembalap. Dan menurut saya, analisa dari mekanik bengkel tersebut relatif memuaskan bagi saya. Dia bilang, asap tersebut disebabkan karena ada ketidak simbangan antara keluarnya bensin dan udara di ruang bakar mesin, sehingga keluarlah asap tersebut. Setelah diperiksa secara detail, ternyata ECU nya banyak jumperan. Lho ?!?! apa itu ECU ???

ECU = Electronic Control Unit adalah merupakan “otak” dari sebuah mesin, dan sebenarnya bisa buat mesin apa aja, misalkan mesin cuci atau kulkas . pada sebuah kendaraan ECU ini bertugas me-manage mesin secara keseluruhan, baik itu mengatur pasokan bahan bakar dan udara kemudian pengapian Dll. dalam perkembangan nya fungsi ECU pun semakin banyak seperti mengatur buka tutup katup secara variabel dan melakukan kontrol gas buang agar lebih ramah lingkungan bahkan suspensi dengan banyak penambahan komponen-komponen pendukungnya.

Fungsi  ECU untuk:

  1. Menentukan lama penyemprotan bahan bakar.
  2. Mengontrol saat pengapian yang tepat.
  3. Mengonrol saat saat mesin dingin, adanya cold starter.
  4. Mempertahan tenaga tetap besar pada RPM rendah, agar tidak terjadi detonasi.
  5. Untuk mobil matic, ECU ikut mengontrol kecepatan.
  6. Dan banyak lagi fungsinya. Semakin maju teknologi yang dilengkapkan pada mobil, maka fungsi ECU semakin besar. Merubah dan memanipulasi ECU entah untuk mengiritan maupun menaikan poser mesin berresiko merusak ECU. Berapa harga ECU, tentu mahal.

Pada dasarnya, memanfaatkan computer amat membantu mesin bekerja optimal dan efisen. Karena haban bakar dalam sirkuit tertutup lebih terhindar dari kotoran berupa debu, kecuali endapan yang terjadi karena bahan bakar kualitas buruk, yang akan merusak injektor dan pompa bahan bakar.

Semoga bermanfaat.

Posted on Oktober 15, 2012, in Automotive and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: