Akibat Menjadi Wirausaha Sukses

Menjadi seorang wirausahawan adalah impian setiap orang. Akan tetapi, untuk mewujudkan impian tersebut perlu adanya pengetahuan yang cukup, serta ketekunan yang tiada habisnya. Kegagalan adalah makanan sehari-hari bagi seorang wirausahawan.

Modal yang dibutuhkan oleh seorang wirausahawan juga cukup besar. Namun, ada juga yang hanya membutuhkan modal yang tidak terlalu besar. Bahkan ada juga yang tidak memerlukan biaya.

Mempunyai usaha dengan modal kecil adalah harapan bagi kita semua yang ingin mempunyai usaha.

Menjadi wirausaha sukses adalah keinginan setiap orang. Menyikapi kondisi perekonomian di Indonesia yang masih belum menentu, dimana begitu sulitnya mencari pekerjaan, maka menciptakan lapangan kerja sendiri atau berwirausaha mandiri adalah salah satu solusi terbaik.

Wirausaha apapun bentuknya, ternyata terkendala dengan permodalan, dengan adanya berbagai persyaratan dan prosedur ini itu termasuk agunan, akhirnya permodalan justru  mengalir kepada mereka yang punya agunan alias punya asset lebih. Dengan latar belakang inilah para pemilik usaha kecil lebih memilih bermitra dengan rentenir walaupun pada akhirnya mereka akan terjerat hutang.

Walaupun begitu, ada banyak kasus bahwa wirausaha bisa menjadi sukses hanya dengan modal kecil dan peralatan seadanya. Memang untuk menjadi wirausaha yang sukses ada kalanya harus dirintis dari nol, justru dengan cara inilah pemilik usaha akan lebih berpengalaman dan siap dalam menghadapi masalah apapun berkenaan dengan usaha mereka.

Ke depan kami akan terus mengupdate materi tentang artikel tentang wirausaha sukses tentunya berdasarkan pengalaman pribadi kami sebagai pemilik usaha kecil dan juga berbagai profil usaha berdasarkan riset yang telah kami lakukan. Mudah – mudahan dengan adanya artikel tentang info wirausaha ini dapat menjadikan sebagai inspirasi untuk anda membuka usaha kecil dan menengah.

Saya yakin setiap orang terlakhir ke dunia ini mempunyai keahlian masing – masing apapun bentuknya. Saya telah menemukan banyak contoh kasus, dimana ada jenis usaha yang banyak diremehkan orang ternyata setelah saya survei ternyata memberikan penghasilan yang besar bagi pemiliknya, padahal pemiliknya adalah hanya punya pendidikan sampai SMP. Namun dia telah membuktikan diri sebagai seorang wirausaha muda mandiri yang sukses, dan mampu menciptakan lapangan kerja bagi lingkungannya.

Jika anda ingin tahu cara berwirausaha dengan modal kecil di bawah ini adalah contoh profil wirausaha sukses dengan modal kecil yang mungkin dapat menginspirasi kita untuk berjuang pada bisnis atau usaha masing – masing.

Bisnis minuman segar ” Es Dawet Hitam ” khas Purworejo

Peluang bisnis  ini sangat cocok buat anda yang ingin membuka usaha dengan modal kecil. Hanya dengan modal puluhan ribu saja, anda sudah dapat menjual minuman es dawet hitam yang banyak diminati konsumen.

Untuk dapat menjual 100 gelas gelas hanya dibutuhkan 1 kg tepung, gula dan santan yang semua itu dapat diperoleh dengan harga sekitar Rp. 80 000. Yang menarik adalah dengan bahan baku yang sederhana itu, dapat memberikan keuntungan yang besar.

Sebagai ilustrasi :

harga jual per gelas adalah Rp. 4000, rata – rata penjualan per hari adalah 100 gelas, jadi penjualan yang dihasilkan adalah Rp. 4000 X 100 = Rp. 400 000. Jadi keuntungan bersih sehari adalah Rp. 400 000 – Rp. 90 000 = Rp. 310 000 per hari per gerobak, bagaimana jika anda memiliki 10 gerobak, tinggal kalikan saja kan.

Walaupun kami secara tidak langsung berjualan menunggui gerobak, namun saya bermitra dengan para tenaga penjual, sehingga hubungan kami saling menguntungkan. Sistem kerjanya begini, saya membuatkan dawet hitam jadi ( siap jual ) sementara para mitra saya tersebut  membeli dari saya untuk dijual kembali.

Dengan begitu mereka tidak perlu repot – repot membuat dawet tersebut. Yang menarik adalah para mitra saya tersebut juga banyak yang membuka cabang dengan dibantu para karyawannya. Dengan begitu bukankah kita dapat membuka lapangan kerja bagi mereka yang membutuhkan.

Posted on Oktober 11, 2012, in Wirausaha and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: